Selasa, 20 Maret 2012

KESEHATAN MENTAL

Secara singkat Kesehatan Mental adalah ilmu kesehatan mental yang memperhatikan perawatan mental atau jiwa. sama seperti ilmu pengetahuan lainnya ilmu kesehatan mental mempunyai objek khusus untuk di teliti dan objek tersebut adalah manusia. manusia dalam ilmu ini di teliti dari titik tolak keadaan atau kondisi mentalnya. ilmu kesehatan mental merupakan terjemahan dari istilah mental hygiene. mental dari kata ( latin : mens,mentis ), berarti jiwa,nyawa,sukma, roh,semangat , sedangkan hygiene (dari kata yunani : hugiene) berarti ilmu tentang kesehatan. mental hygiene sering disebut psikohy-giene. psyche ( dari kata yunani : psucho ) berarti nafas, asas kehidupan, hidup,jiwa,roh,sukma.
Mental Hygiene menitikberatkan kehidupan kerohanian, sedangkan Psikohygiene menitikberatkan manusia sebagai totalitas psikofisik atau psikosomatik. disini kedua istilah tersebut disamakan dalam uraian selanjutnya, ilmu kesehatan mental itu adalah ilmu yang membicarakan kehidupan mental manusia dengan memandang manusia sebagai totalitas psikofisik yang kompleks.

-konsep kesehatan mental-

ada hubungan yang jelas antara konsep kesehatan mental dan penyesuaian diri. tetapi hubungan tersebut tidak mudah di tetapkan. pasti kesehatan mental merupakan kondisi yang sangat dibutuhkan untuk penyesuaian diri yang baik, dan demikian juga sebaliknya. apabila seseorang bermental sehat, maka sedikit kemungkinan ia akan mengalami ketidakmampuan menyesuaikan diri yang berat. kita dapat berkata kesehatan mental adalah kunci untuk penyesuaian diri yang sehat.
meskipun psikologi penyesuaian diri sama dengan kesehatan mental (mental hygiene) namun istilah penyesuaian didri dan kesehatan mental itu sndri tidak sama. jangkauannya pengertian penyesuaian diri lebih luas dari pada kesehatan mental.
dapat dikatakan secara sederhana bahwa kesehatan mental berarti sintom-sintom yang melumpuhkan dan mengganggu, merusak efisiensi mental , kestabilan emosi, atau ketenangan pikiran.

 konsep kesehatan mental berhubungan erat dengan efisiensi mental. dan kadang-kadang kedua konsep tersebut disamakan. Efisiensi Mental adalah penggunaan kapasitas-kapasitas kita secara efektif untuk mengamati, membayangkan,berfikir, belajar, memilih, dan juga mengembangkan terus-menerus fungsi-fungsi mental sampai ke suatu tingkat efisiensi yang lebih tinggi.
Bentuk tertinggi efisiensi mental kemudian memerlukan kesehatan mental, prasangka,permusuhan, proyeksi atau kecemasan yang sangat dalam menyebabkan seseorang tidak dapat mengatur dan mengendalikan pikirannya yang sangat dibutuhkan oleh efisiensi mental. faktor-faktor seperti ini adalah musuh logika dan kebenarannya serta menghalangi seseorang untuk meneliti dan belajar secara efektif atau merencanakan secara cerdas masa depan.
sama seperti halnya seorang anak kecil yang sakit tidak dapat bermain atau belajar dengan baik. demikian juga orang yang mendapat gangguan mental tidak dapat mengamati, berpikir atau belajar secara efektif.

- Dinamika Kesehatan Mental-


Sangat sulit untuk menetapkan suatu ukuran dalam menentukan antara kesehatan mental dan efisiensi mental, jelas bahwa efisiensi dapat digunakan untuk menilai kesehatan mental. tentu saja kepribadian yang mengalami gangguan emosional, neurotik, atau tidak kuat sama sekali memiliki kualitas ini.

Pengendalian dan integrasi pikiran dan tingkah laku
pengendalian yang efektif selalu merupakan salah satu tanda yang sangat pasti dari kepribadian yang sehat. ini berlaku terutama bagi proses-proses mental. berkhayal secara berlebihan misalnya, merusak kesehatan mental karena melemahkan hubungan antara pikiran dan kenyataan. tanpa pengendalian itu maka, obsesi, ide yang melekat  ( pikiran yang tidak hilang-hilang ) fobia,delusi dan simtom simtom lainnya.

Integrasi motif-motif serta pengendalian konflik dan frustasi
dapat dilihat bahwa mengintegrasikan motivasi-motivasi pribadi tetap dan tetap mengendalikan konflik-konflik  dan frustasi-frustasi sama pentingnya dengan integrasi pikiran dan tingkah laku. konflik yang hebat bisa muncul  apabila motif-motif tidak terintegrsi.

Perasaan perasaan dan emosi-emosi yang positif dan sehat
integrasi yang dibutuhkan bagi kesehatn mental dapat ditunjang oleh perasaan perasaan positif dan demikian juga sebaliknya perasaan perasaan negativ dapat mengganggu atau bahkan merusak kestabilan emosi. perasaan perasaan yang tidak aman yang dalam, bersalah,rendah diri, bermusuhan,benci,cemburu, iri hati adalah tanda tanda gangguan emosi dan dapat menyebabkan mental tidak sehat. ebaliknya perasaan perasaan diterima, cinta,memiliki,aman, harga diri, masing masing memberi sumbangan pada kestabilan mental dan diliyat sebagai kesehatan mental.

Sikap-sikap yang sehat 
sikap sikap yang mempunyai perasaan yang sama dengan hubungannya kesehatan mental. tidak mungkin kesehatan mental terjadi dalam konteks kebencian dan prasangka atau keputusan dan kehilangan harapan. sikap-sikap ini terhadap kesehatan mental sama seperti bakteri dan racun terhadap kesehatan fisik.

Konsep diri ( self-concept ) yang sehat 
apabila kita membaca sejumlah literatur tentang masalah konsep-diri, maka kita yakin bahwa kesehatan mental sangat tergantung pada kualitas ini. sama seperti seorang harus mempertahankan orientasi yang sehat pada kenyataan objektif, demikian dia harus berfikir positif pada dirinya sendiri. perasaan perasaan yang adekuat,tidak berdaya, rendah diri,tidak aman. kondisi ini akan mengganggu hubungan antara diri dan kenyataan sehingga akan menjadi lebih sulit menemukan kriteria lain dalam kesehatan mental.

Indentitas ego yang adekuat
Menurut White, "identitas ego" adalah diri atau orang lain dimana ia merasa menjadi dirinya sendiri.
pada bberapa orang identitas ego rupaya tidak tumbuh menjadi lebih stabil ketika mendekati masa remaja atau masa dewasa awal melainkan akan terjadi fiksasi-fiksasi pada tingkat perkembangan yang tidak matang atau regersi pada cara cara bertingkah laku yang lebih awal serta akan terhambat kemampuan untuk bertindak secara efektif.

Hubungan yang adekuat dengan kenyataan
dalam berbicara tentang penyesuaian diri kita mengenal salah satu kriteria, yakni orientasi yang adekuat pada kenyataan. dalam menilai kesehatan mental kita menemukan sesuatu yang sangat serupa dengan orientasi yakni, konsep kontak, meskipun kedua istilah tersebut tidak memiliki arti yang cukup sama, orientasi mengacu pada sikap khusus pada sikap seseorang terhadap kenyataan, sedangkan kontak mengacu pada cara bagaimana atau sejauh mana seseorang menerima kenyataan menolak atau melarikan diri apadanya.



-Sejarah singkat Kesehatan Mental-
Dalam semua peradaban awal yang kita kenal Mesopotamia, Mesir, Yahudi, India, Cina, dan benua Amerika.imam imam dan tukang sihir merawat orang orang sakit mental.. di antara semua peradaban tersebut sepanjang zaman kuno ( dari 5000 tahun sampai 500 masehi ) penyakit mental mulai menjadi penyakit yang umum. bersama dengan penderita penderita lain.kekalutan kekalutan mental menjadi kawan seperjalanan yang setia bagi manusia pada waktu ia bergerak menuju kehidupan terorganisi, ilmu kedokteran menjadi lebih terorganisasi waktu peradaban lebih maju.

Di babilonia dan Ninive (mesopotamia)
orang yang pertama terjun dalam ilmu kedokteran adalah para imam. pola ini berlangsung terus menerus selama beribu-ribu tahun dan berlangsng sampai sekarang ini. penyakit mental dihubungkan dengan setan-setan dan pengobatan atau perawatnya dilakukan dengan upacara agama dan upacara upacara magis supaya setan keluar dari tubuh pasien.
orang orang Babilonia adalah orang orang yang pertama kali yang menyelidiki riwayat hidup penderita penyakit dan mengkodifikasikan pertanggungjawaban dokter terhadap pasien serta memajukan ilmu kedokteran masyarakat. keping keping batu dimana bertuliskan huruf paku dimana termuat kodifikasi hukum dan adat istiadat mereka merupakan usaha yang paling mencolok dan barangkali yang pertama bagi analisis dan perkembangan sistem di dunia.

Di Mesir
ilmu kedokteran di mesir erat kaitannya dengan agama.meskpun coraknya magis dan berhubungan dengan dewa dewa yang ditetapkan untuk melindungi kesehatan, namun ilmu kedokteran mesir maju dan sangat rasional dalam beberapa hal. dalam tulisan tulisan mesir otak digambarkan untuk pertama kalinya dan diketahui perannya dalam proses proses mental. orang orang mesir memiliki sebuah kuil Imhotep (dewa utama penyembuhan) di kuil tersebut juga terdapat rumah sakit. disana dikembangkan terapi untuk pasien berupa rekreasi dan pekerjaan serta diterapkan semacam psikoterapi yang serupa dengan beberapa pendekatan dengan modern untuk memgobati penyakit mental.

Di Yahudi 
dokter dokter yang sekaligus imam kepercayaan akan setan dan suatu pendekatan untuk merawat penyakit mental yang serupa yang terdapat di mesir dan mesopotamia juga merupakan siri khas dari ilmu kedokteran yahudi.
banyak gambaran mengenai macam macam penyakit mental dalam perjanjian lama dan perjanjian baru. sumber sumber alkitab mengatakan bahwa orang orang yahudi mnegartikan penyakit mental sebagai hukuman  dari Allah dan perawatannya hanya dengan cara bertoubat kepadanya. perhatian orang orang yahudi tidak hanya tertuju pada keterlibatan agama dalam gejala gejala kekalutan mental. tetapi mereka juga sangat memperhatikan segi segi manusia dari ilmu kedokteran dan kesejahteraan masyarakat. pada tahun 490 M ada sebuah rumah sakit di Yerusalem yang didirikan semata mata  untuk pasien penyakit mental

Di Persia
setan setan dipersalahkan karena menyebabkan penyakit penyakit mental dan segala penyakit lain. para dokter yang sekaligus Imam di Persia berpendapat bahwa ada 99999 penyakit yang menimbulkan penderitaan pada manusia dan semua di sebabkan oleh setan setan. ada bermacam dokter untuk menanganinya seperti, Doket pisau,dokter jamu dan dokter kata, mereka berkeyakinan harus berjuang terus kekuatan tubuh atau fisik yang mencari kenikmatan atau jahat. mental yang baik atau kekuatan psikis/jiwa selalu mencari kesucian, kebajikan atau kebaikan hati. jalan satu satunya untuk bisa menang ialah terus menerus mengusir yang jahat, dengan demikian seluruh penekanan ilmu kedokteran mereka terletak pada cara cara yang bersifat magis atau keagamaan.

Di Cina dan India serta Timur jauh
metode metode pengobatan cina dan hindu mirip dengan yang terletak di Persia. ada kepercayaan yang serupa dengan kekuatan kekuatan yang berperang antara yang baik dan yang buruk. dimana roh roh jahat memasuki badan manusia dan terus menerus diusir. dalam pandangan orang orang cina gangguan mental dapat dilihat sebagai penyakit dan dianggap sebagai gangguan proses alam atau ketidakseimbangan antara Yin dan Yang, untuk orang orang cina yin dan Yang adalah dua kekuatan alam semesta baik dan buruk, pria dan wanita, gelap dan terang, positif dan negatif . kelebihan Yin dan Yang dan hubungan yang kompleks dengan sistem sistem lain dalam tubuh dipersalahkan untuk beberapa gangguan tingkah laku dan mental memperbaiki keseimbangan alam , ramuan-ramuan,akupuntur dan obat obat tradisional. misalnya seseorang yang menderita       kuang atau kesulitan kesulitan mental dan emosional berpendapat bahwa penyebabnya adalah kelebihan Yang dan bisa dirawat dengan cara mendinginkan cairan cairan untuk membantu mereduksi panas pada bagian dalam tubuh dan demikian memulihkan keharmonisan dan keseimbangan tubuh.

Di Afrika 
Masyarakat masyarakat afrika pada abad masa lampau berpendapat bahwa gangguan gangguan fisik dan mental disebabkan oleh musuh musuh, roh roh jahat, atau dalam beberapa kasus oleh nenek moyang yang marah. beberapa masyarakat tradisional afrika juga berpendapat bahwa penyakit disebabkan oleh penyakit penyakit natural fisik. karena kepercayaan mereka bermacam macam maka mereka mencari pengobatan bermacam macam juga. kebanyakan pada masyarakat afrika dewasa ini memiliki 2sikap terhadap penyakit mental. pertama meraka tidak terlalu menganggap jelek terhadap gangguan gangguan mental mereka relatif sabar terhadap anggota anggota masyarakat yang kalut khususnya di daerah pedesaan,keluarga dan masyarakat tetap berhubungan dengan orang orang yang mengalami gangguan mental. kedua mereka sangat menghargai para ahli obat tradisional yang memegang fungsi penting dalam merawat orang orang yang mengalami gangguan mental dan fisik.

Di Yunani 
sampai sejarah modern belakangan ini sembangan sumbangan yang besar terhadap kesehatan fisik dan mental manusia datang dari orang orang Yunani. beberapa pandangan dan fikiran yunani yang sangat penting yang dilakukan oleh penelitian penelitian modern dan banyak Terminologi Psikiatri modern adalah warisan dari masa ini. tradisi tradisi dalam ilmu kedokteran yang selalu mendapat perhatian manusia berlangsung sejak dokter dokter yang sangat hebat dari Yunani yakni, Aesculapios dan Hippokrates. di yunani ilmu kedokteran mulai memisahkan diri dari dominasi agama. para pasien penyakit mental di bawa ke kuil kuil dimana perawatannya bertujuan untuk menghilangkan penyebab penyebab gangguan mental.




DAFTAR PUSTAKA 
OFM, Semuin yustinus. Kesehatan mental 1.Yogyakarta: KANISIUS, 2006
Goble,G. Frank. Mahzab ketiga psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: KANISIUS. 1987
Qanita. Mereka Bilang aku gila. Jakarta: Qanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar