Rabu, 24 November 2010

Manusia dan Keindahan

PENGERTIAN KEINDAHAN
  Kebudayaan diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, terutama kebutuhan hidup fisiknya. setelah kebutuhan pokok dapat di penuhi, manusia menciptakan kesenian yang merupakan salah satu kebutuhan psikisnya yang tercukupi melalui rasa indah ( seni : rasa indah )

 C.KLUCKHOHN berpendapat bahwa kesenian merupakan salah satu dr tujuan wujud budaya universal, sedangkan menurut penulis kesenian merupakan bagian kecil dari kebudayaan. kesenian merupakan kelanjutan dari kebudayaan. mengapa demikian ? kebudayaan yang di ciptakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, cenderung pada kebutuhan material.

 Pada umunya kesenian dapat dinikmati oleh manusia ada dua macam inderanya, yaitu indra mata dan indra telinga. keindahan dalam hubungan kedua indra itu di bedakan atas 3 macam, yaitu seni rupa,seni suara,seni pertunjukan.
a. seni rupa
    seni yang merupakan kesenian yg dapat dinikmati melalui indra mata sehingga sifatnya visual,wujudnya antara lain seni bangunan,seni relief,seni lukis dan seni hias.
b. seni suara
    seni suara merupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui indra telinga sehingga sifatnya audio. eujudnya antara lain seni vokal,seni instrumental,dan seni sastra yang lisan.
c. seni pertunjukan
    seni pertunjukan adalah kesenian yang dapat dinikmati dengan indera mata dan telinga sekaligus sehingga sifatnya audiovisual. wujudnya antara lain seni tari,seni drama,seni film.

PERKEMBANGAN KESENIAN
Dalam perkembangannya, kesenian dapat di bedakan berdasarkan atas waktu,lokasi/tempat,paham/aliran.
a. perkembangan kesenian atas dasar waktu
    dibedakan atas 3 zaman yaitu, zaman kuno,zaman tengah,zaman modern .
b. perkembangan kesenian atas dasar tempat atau lokasi
    secara umum perkembangan kesenian ini dapat dibedakan atas kesenian rakyat,kesenian kraton,kesenian kota.
    kesenian menurut tempatnya disebut kesenian teater.
pengertian seni teater adalah suatu bentuk pengucapan seni yang menggunakan cerita dengan dialog yang di peragakan dalam bentuk gerak da suara yg di sajikan kepada penonton. di dalamnya terdapat ide atau pemikiran yang merupakan cerita agar dapat di pahami,dimainkan oleh orang baik dalam bentuk seni suara maupun seni rupa dan ditonton orang banyak.

 Berikut  3 jenis perkembangan kesenian atas dasar tempat dan lokasi.
1. kesenian rakyat
    merupakan seni tertua di indonesia disebut sebagai seni tradisional.
perbedaan dengan kesenian daerah adalah kesenian rakyat umumnya rakyat di pedesaan tau kota kecil yang secara sosiologi di jwa barat di sebut wong cilik dan pada umumnya berpencarian di bidang pertanian.
    ciri kesenian rakyat :
a. kesenian rakyat merupakan ekspresi-kolektif masyarakat tingkat rendah. mereka sebagian homo creator dapat juga mngeluarkan ekspresinya untuk suatu yg indah dalam kondisi yg sifatnya bersamaan.
b. kesenian rakyat keadaannya sangat sederhana atau menurut istlah teater, artistiknya rendah karena pendukungnya memiliki tingkat kehidupan dan kemampuan yg rendah walaupun blum tentu dapat dikatakan miskin.
c. arena yg di pergunakan untuk kesenian rakyat adalah lapangan terbuka, seperti halaman,tanah lapang.
d. kesenian rakyat memiliki sifat improvisatoris atau spontan jadi jalannya kesenian itu bergantung sekali kepada pemainnya dan memeriahkan, orang sering memeberikan lawakan sehingga dalam kesenian rakyat naskah tidak di perlukan.
e. pada pertunjukan kesenian rakyat antara lain pemain dan penonton dapat dengan mudah terjadi komunikasi karena jarak antara pemain dgn penonton dalam arti fisik maupun sosiologis memang sangat dekat.
f. yg di utamakan dlam suatu pertunjukan kesenian rakyat adalah jalan pertunjukan yg harus mengikuti cerita sebagaimana lazimnya .

 Beberapa contoh dari kesenian rakyat di indonesia antara lain kuda lumping dari jawa,lenong dari jakarta,ludruk dari surabaya,randai dari minangkabau.


  fungsi  dari kesenian rakyat :
a. untuk memberikan hiburan
b. untuk keperluan suatu upacara adat yg pada waktu tertentu wajib di selenggarakan.
c. merupakan media pendidikan yg sifatnya informal karena dalam kesenian rakyat, terutama yg dibawakan dalam bentuk cerita.
d. bagi sang seniman yg memimpin kesenian rakyat dengan adanya kesenian rakyat dapat memberikan kesempatan untuk melahirkan ekspresi jiwa .

2. kesenian kraton
    Merupakan kesenian yang berkembang di kraton,istana raja. pendukungnya adalah raja dan bangsawan,bendoro dalam bahasa jawa.

 Beberapa contoh dar kesenian kraton dalam wujud tari misalnya tari erimpi dan bedoyong ketawang, sedangkan dalam wujud teater misalnya wayang orang yang ceritanya di ambil dari kitab mahabrata atau ramayana dan ketoprak.


 ciri kesenian kraton :
a. arena yg di gunakan biasanya pendopo yg biasanya di peruntukan hanya untuk kaum bangsawan saja.
b. penyajiannya juga serba megah baik dalam dekorasi maupun dalam penampilannya, dengan bahasa teater di sebutkan kadar artistiknya tinggi.
c. kraton sbagai makro kosmos memberikan pancaran ke wilayah kerajaan dan rakyatnya sbg mikro kosmos.
d. dengan penonton yang cukup beradab pertunjukan kesenian kraton cenderung lebih bersifat sakral .

3. kesenian kota 
    Kesenian atau teater kota adalah kesenian yg berkembang di kota. pendukung dan penggemarnya adalah warga kota yg sangat memerlukan hiburan segar setelah seharian bekerja keras.

 beberapa ciri teater kota :
a. arena yg di gunakan adalah gedung pertunjukan.
b. penyajian serba konteporer arena kota mempunyai peluang lebih besar untuk menerima pengaruh dr luar
c. materi yg disajikan pada umumnya adalah cerita yg hidup di masyarakat
d. antara pemain dan penonton tidak terlalu komunikasi.

ALIRAN-ALIRAN KESENIAN
a. seni lukis
     Ekspresi manusia akan keindahan yg dituangkan dengan sarana tertentu pada kanvas.
beberapa aliran seni lukis :
1. naif-primitifisme
2. naturalisme
3. ekspresionisme
4. kubisme
5. gerakan seni rupa baru indonesia

b. seni sastra
    Merupakan wujud lain yg dapat di ciptakan oleh manusia.
beberapa aliran seni sastra :
1. realisme
- impresionisme
- naturalisme
-nep-naturalisme
-determinisme
2. ekspresionisme
- romantik
- idealisme
-simbolik
-surrealisme

RENUNGAN,KESERASIAN DAN KEHALUSAN
 Renungan,keserasian dan kehalusan di kemukakan dalam subbab yg merupakan 3masalah yg berkaitan dengan manusia dan keindahan.
1. renungan
    adalah memikir sesuatu secara mendalam dengan diam. merenung merupakan proses berfikir yg terjadi di dalam otak.
2. keserasian
   keserasian dari kata cocok,sesuai, ataupun harmonis . dengan kata lain keserasian itu di ukur dengan apa siapa.
3. kehalusan
    kehalusan memang dapat disepadankan dengan keindahan ( yang ideal) tetapi apakah isi dunia itu hanya itu saja ? kenyataan menununjukan bahwa ketegasan,kejantanan,keserasian bahkan teror merupakan realita dalam kehidupan masa sekarang.

sumber : buku "ILMU BUDAYA DASAR" oleh Drs.Supartono Widyosiswoyo,MM.
di terbitkan oleh : Ghalia indonesia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar